Ini Nominal Gaji Marketing Communication beserta Tugas dan Kualifikasinya!

Bekerja di bidang marketing terutama marketing communication memang sangatlah menyenangkan meskipun sedikit menantang. Sebab Anda harus paham luas mengenai pasar-pemasaran. Namun dengan tugasnya yang terbilang menantang ini terdapat gaji marketing communication yang menjanjikan.

Seberapa besar menjanjikan terkait nominal gajinya bisa Anda temukan jawabannya di sini.

Sekilas Marketing Communication

Marketing Communication adalah bentuk komunikasi dalam mempromosikan produk atau layanan sebuah perusahaan yang isi dari komunikasi ini informatif dan persuasive. Marketing communication menjadikan kontak perusahaan dan pelanggan menjadi lebih mudah.

Arti lainnya marketing communication atau komunikasi pemasaran adalah media perusahaan dalam menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen terkait produk dan merek yang dijual, baik secara langsung atau tidak.

Tentunya pekerjaan marketing communication sangatlah luas, sehingga tak heran gaji yang diterima sangatlah menjanjikan.

Seberapa besar gaji menjadi marketing communication? Begini terkait penjelasannya!

Kapital Gaji Marketing Communication

Jika bertanya mengenai hal gaji dan tunjangan yang dimiliki oleh Marketing Communication, maka jawabannya adalah cukup menjanjikan.

Peranan seorang marketing communication sangatlah penting, di mana mereka menjadi salah satu sumber pemasukan. Dengan ini, peranan dan gaji yang diterima tentulah akan sebanding.

Meskipun tak semua perusahaan mengeluarkan gaji yang dapat dipukul sama rata untuk seorang marketing communication. Karena, setiap perusahaan memiliki kebijakan tertentu dengan faktor yang beragam terkait pemberian gaji. 

Rata-rata gaji per bulan seorang marketing communication umumnya bervariasi, faktor lokasi, kebijakan, pengalaman, pendidikan dan sebagainya dapat mempengaruhi.

Menurutkan pada lansiran tugaskaryawan.com—2021, menyebutkan bahwa gaji marketing communication rata-rata per bulannya mulai dari besaran RP. 3,55 juta. 

 Gaji Berdasarkan Pengalaman

Gaji seorang marketing communication pun dapat berbeda-beda menyesuaikan pada pengalaman orang tersebut. Dimana rincian terkait kategori gaji berdasarkan pengalaman kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Gaji yang diterima oleh orang yang belum berpengalaman dan terbilang fresh graduate, gaji rata-rata yang didapat sekitar Rp. 3.167.000 per bulannya.
  • Level kedua memiliki pengalaman yang kurang dari 5 tahun mendapatkan gaji Rp. 3230.000-3.252.000 per bulan khususnya staff pemasaran, sedangkan untuk managernya ialah Rp. 5.692.000 per bulan.
  • Marketing Communication yang telah memiliki pengalaman 5-10 tahun besar gaji yang diterima staff adalah Rp. 3.258.000 hingga Rp. 5.287.000 per bulan, sedangkan manajer Rp 5.734.000 – Rp 6.071.000 per bulannya.
  • Lebih tinggi yakni bagi yang sudah berpengalaman 10 tahun gaji minimal yang didapat ialah Rp. 5.533.000 per bulan dan manajer Rp. 6.202 per bulan.
  • Gaji yang diperoleh setiap bulan marketing communication dapat berubah dan berbeda. Dipengaruhi kebijakan perusahaan dan menyesuaikan UMR suatu daerah.

Nah itulah perincian besar gaji yang diterima oleh marketing communication yang sesuai dengan pengalamannya. 

Sedangkan menurutkan lansiran Indeed.id gaji staff marketing communication di Indonesia rata-rata sebesar Rp 4.522.451 per bulan.

Namun, kembali lagi pada penjelasan sebelumnya, bahwa setiap perusahaan dan lokasi yang berbeda-beda mempengaruhi nilai gaji marketing communication, tentunya setiap waktu angka gaji ini dapat berubah.

Setelah menyimak penjelasan di atas terkait kapital gaji yang diterima, apakah kini Anda tertarik dengan profesi marketing communication? Jika iya, cari tahu dahulu tugas dan tanggung jawabnya!

Baca Juga: Yuk Simak Gaji Business Development beserta Tugasnya

Tugas dan Tanggung Jawab Marketing Communication

Marketing communication memiliki tugas penting dalam memasarkan layanan dan produk perusahaan, di mana tugas dan tanggung jawab yang dimilikinya adalah sebagai berikut:

  1. Merancang, Membuat, dan Menjalankan iklan.

Tugas pertama yang dimiliki oleh Marketing Communication adalah merancang, membuat serta menjalankan iklan, yang mana ini menjadi salah satu kekuatan terbesar dalam mempromosi produk atau layanan konsumen/pasar.

Dengan adanya iklan calon konsumen jadi tahu apa maksud produk tersebut, sehingga iklan dibuat khusus semenarik mungkin untuk membuat calon konsumen tertarik.

  1. Membuat Promosi

Bukan hanya dengan iklan, seorang marketing communication pun bertugas dalam membuat promo yang biasa diadakan pada momen besar seperti idul fitri, natal, tahun baru, valentine, dan lainnya.Ini berfungsi dalam menstabilkan penjualan saat mengalami penjualan yang menurun. 

  1. Riset Pemasaran

Tugas lainnya ialah terkait riset pemasaran, di mana mereka harus memahami dan meriset kebutuhan pasar, sehingga konsumen merasa puas sebab perusahaan menjadi tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen.

  1. Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek menjadi salah satu hal penting bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu marketing communication bertugas dalam membangun dan mengembangkan merek.

Sebab dengan cara inilah publik menjadi percaya dengan perusahaan tersebut.

  1. Analisis Produk/layanan

Menganalisis produk atau layanan yang nanti hasilnya digunakan untuk memberikan laporan apakah produk tersebut telah sesuai dengan kebutuhan pasar atau belum dan harus dikembangkan kembali.

Inilah yang menjadikan peran marketing communication sangatlah penting.

  1. Berhubungan Baik dengan Pihak

Marketing communication pun bertugas untuk menjaga dan berhubungan baik dengan pihak yang memiliki hubungan terhadap perkembangan perusahaan secara langsung atau tidak.

  1. Tanggung Jawab Marketing

Dari poin penjabaran terkait tugas yang dimiliki oleh marketing communication di atas, maka tanggung jawab yang harus dijalankannya adalah sebagai berikut:

  • Melakukan kegiatan evaluasi untuk mengetahui kebutuhan pasar
  • Membuat dan menentukan strategi promosi 
  • Memberikan fasilitas pada konsumen
  • Meningkatkan minat dan kepercayaan publik pada produk dan perusahaan
  • Mengecek intensitas pasar untuk produk/layanan perusahaan
  • Memperbesar jaringan perusahaan atau individu untuk perusahaan
  • Mendukung tercapainya visi dan misi perusahaan.

Demikianlah tugas dan tanggung jawab yang dibebankan kepada marketing communication. Dengan tugas dan tanggung jawabnya ini, maka sebuah perusahaan melakukan rekrut karyawannya dengan syarat dan kualifikasi yang terbilang ketat.

Baca Juga: Inilah Gaji Corporate Secretary beserta Tugasnya

Syarat dan Kualifikasi Marketing Communication

Jika Anda tertarik untuk menjadi marketing communication baik itu karena keinginan Anda sendiri atau sebatas gaji marketing communication yang menggiurkan, maka Anda harus memenuhi syarat dan kualifikasi di bawah ini.

Pendidikan dan Pengalaman

Tak sedikit perusahaan yang meminta dan merekrut orang pekerja marketing communication dengan latar belakang dan pengalaman yang memadai.

Setidaknya untuk memenuhi syarat dan kualifikasi, pendidikan Anda harus S1 dengan jurusan ekonomi maupun ilmu pemasaran.

Meski begitu, tak sedikit pula yang lebih mementingkan pengalaman dalam bidangnya dibandingkan dengan ijazahnya.

Skill Basic

Hal penting lain yang menjadi salah syarat dan kualifikasi yakni basic skill atau kemampuan dasar. Di mana seorang marketing communication tidak hanya memiliki kemampuan terhadap teknis pemasaran atau memahami dan menganalisis marketing namun juga harus memiliki ilmu komunikasi. 

Layaknya namanya, marketing communication memang harus pandai berkomunikasi untuk menarik pelanggan dan juga dituntut untuk bisa bekerja sama dengan baik.

Nah itulah syarat dan kualifikasi utama yang harus dimiliki oleh marketing communication. Dengan memenuhi syarat ini Anda bisa bekerja dan mendapatkan gaji marketing communication yang menjanjikan.

Comments are closed.