Kisaran Gaji Pelayaran Luar Negeri yang Berlaku di Beberapa Tertentu dan juga Jenis Kapal yang Berbeda

Berbeda dengan gaji pelayaran dalam negeri yang dibayar dalam satuan rupiah, maka tidak demikian dengan gaji pelayaran luar negeri, yang pastinya akan dibayarkan dengan kurs mata uang dollar. Namun adakah yang tahu berapa nominal dari gaji untuk pelayaran luar negeri ini? dan berapa besarannya jika dinilai dalam satuan mata uang rupiah?

Bagi Anda yang penasaran dengan nominal gaji dari pelayaran luar negeri ini, maka Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini. Bukan hanya itu saja, melalui pembahasan ini juga, Anda akan diajak untuk mengetahui mengenai jenis-jenis kapal yang digunakan dalam pelayaran luar negeri. Untuk itu, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Housekeeping Kapal Pesiar serta Tugas dan Jenjang Karirnya

Kisaran Nominal Gaji Pelayaran Luar Negeri untuk Semua Jenis Kapal

Pada umumnya, gaji untuk pelayaran luar negeri dibedakan berdasarkan jenis kapal yang digunakan. Beberapa diantaranya meliputi:

1.Kapal Pesiar

Berbeda dengan jenis kapal lainnya yang digunakan untuk tujuan bisnis dan pekerjaan, seperti untuk menangkap ikan, ekspedisi barang, dan yang lainnya, maka kapal pesiar ini dirancang hanya untuk tujuan rekreasi.

Dimana semua pengunjung yang menaiki kapal pesiar ini akan diajak berkeliling, baik itu melewati berbagai kawasan dalam satu negara, maupun yang dilakukan antara satu dengan negara lainnya. Bukan hanya itu saja, para penumpang yang menaiki kapal pesiar ini juga biasanya akan dilayani dengan berbagai fasilitas, layaknya berada di hotel berbintang.

Dengan kata lain, dengan berbagai fasilitas terbaik yang ditawarkan, tentunya hal ini juga berpengaruh pada harga dari tiket kapal pesiar ini. Benar sekali, pada umumnya, setiap penumpang kapal pesiar terlebih dahulu akan merogoh kocek lebih dalam, hanya untuk menaiki kapal pesiar ini.

Dengan alasan itu pula, maka tak heran jika gaji pelayaran luar negeri untuk jenis kapal pesiar ini terbilang cukup besar, jika dibandingkan dengan jenis kapal lainnya. Dimana untuk pegawai pemula, gaji yang ditawarkan yaitu sekitar USD 500, atau sekitar 7 juta rupiah, jika dalam mata uang rupiah.

Sementara untuk pegawai yang telah lama bekerja, maupun pegawai profesional, gaji yang diperoleh juga akan meningkat dalam setiap tahunnya. Beberapa pegawai dari kapal pesiar mengaku bahwa mereka mendapatkan gaji antara USD 1500 – USD 3000, atau sekitar 21 juta hingga 42 juta rupiah per bulan.

2. Kapal Kargo

Nama lain dari kapal kargo adalah kapal barang, yang mana jenis kapal yang satu ini memiliki tugas untuk mengirimkan sejumlah barang, yang dilakukan dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya. Dengan kata lain, kapal kargo pada pelayaran luar negeri, adalah jenis kapal kargo yang bertugas untuk mengirimkan barang dari satu negara ke negara lainnya.

Besaran gaji yang diperoleh oleh pegawai kapal kargo luar negeri setingkat nakhoda dan juga perwira geladak yaitu sebesar USD 343, atau sekitar Rp 4.804.236,- untuk nakhoda dan perwira geladak pemula. 

Sementara untuk nakhoda dan perwira geladak profesional, gaji yang diperoleh akan mengalami kenaikan secara bertahap, bahkan hingga mencapai USD 5400, atau sekitar Rp 75.597.943,- yang diperoleh dalam setiap bulannya.

3. Kapal Ikan

Sesuai namanya, jenis kapal ikan adalah salah satu kapal yang digunakan khusus untuk melakukan penangkapan ikan. Besaran gaji pelayaran luar negeri untuk jenis kapal ikan ini biasanya berkisar USD 300 per bulan, ataupun sekitar 4,47 juta rupiah, jika dihitung dalam satuan mata uang rupiah.

4. Kapal Minyak

Kapal minyak atau yang lebih dikenal dengan kapal tangker, merupakan jenis kapal yang digunakan untuk mengangkut dan juga mengirimkan minyak, ataupun berbagai produk turunannya. Pada beberapa perusahaan kapal minyak luar negeri, pegawai/kru kapal yang bekerja di kapal minyak/tangker ini akan digaji dengan besaran sekitar USD 200 – USD 350 per jam, atau sekitar Rp 2.800.000,- hingga Rp 4.900.000,- per jam. 

Bagaimana jika dikalkulasikan selama 1 bulan? Anda bisa menghitungnya sendiri, berapa gaji pelayaran luar negeri untuk jenis kapal minyak ini dalam 1 bulan, dengan rata-rata jam kerja sekitar 7 jam kerja dalam setiap harinya. Pastinya, akan jauh lebih besar dari gaji pegawai yang bekerja pada jenis kapal lainnya. Termasuk untuk pegawai pada kapal pesiar sekalipun.

Nominal Gaji Kru/Pegawai Pelayaran di Beberapa Negara 

Selain dipengaruhi oleh jenis kapal yang digunakan, besaran gaji pelayaran luar negeri ini juga bisa dipengaruhi oleh negara yang merekrut pegawai/kru pelayaran tersebut. Contohnya di Indonesia, yang mana pemberian gaji pokok pegawai/kru pelayaran ini dimulai dari Rp 319.000,- hingga Rp 1.703.900,- per bulan.

Meskipun demikian, gaji pokok tersebut belum termasuk dengan tunjangan tetap, tunjangan komando, tunjangan profesi, dan juga tunjangan cuti, yang diberikan secara berkala. Lalu bagaimana dengan beberapa negara lainnya? Pada umumnya, setiap negara memiliki kebijakan sendiri mengenai hal itu. Seperti di beberapa negara di bawah ini contohnya.

1.Jepang

Di negara matahari terbit ini, rata-rata pegawai/kru pelayaran akan digaji mulai dari USD 535 – USD 571,42, atau sekitar 7,5 juta hingga 8 juta rupiah dalam setiap bulannya. Besaran gaji tersebut akan bertambah seiring dengan lamanya pegawai/kru tersebut bekerja, serta perusahan dari jenis kapal yang merekrutnya.

2. Taiwan

Tak berbeda jauh dengan Jepang, Taiwan juga akan memberikan gaji untuk setiap pegawai/kru dari sejumlah kapal yang dimiliki oleh negara tersebut mulai dari USD 714,28, atau sekitar 10 juta rupiah dalam setiap bulannya.

3. Korea Selatan

Bisa dibilang, gaji pelayaran luar negeri yang ditetapkan oleh negara ginseng ini lebih besar dari kebijakan mengenai gaji pegawai/kru pelayaran yang ditetapkan oleh kedua negara diatas. Dimana besaran gaji yang diterima oleh setiap pegawai/kru pelayaran yang bekerja di negara Korea Selatan ini mulai dari USD 785,71 hingga USD 857,14, atau sekitar 11 juta hingga 12 juta rupiah, yang diterima dalam setiap bulannya.

4. Australia

Australia merupakan salah satu negara yang memberikan kebijakan dalam pemberian gaji pelayaran luar negeri dengan nominal cukup besar, yaitu sekitar USD 1000 hingga USD 1142. Jika dalam satuan rupiah, maka besaran gaji untuk pegawai/kru pelayaran di negara Kangguru tersebut yaitu sekitar 14 juta hingga 16 juta rupiah.

5. Arab Saudi

Sebenarnya tak ada patokan yang pasti berapa nominal gaji pelayaran yang berlaku di negara Arab Saudi ini. Namun sekedar perbandingan, untuk kru/pegawai pada kapal tangker/minyak yang bekerja di negara tersebut, perusahaan kapal tangker tersebut biasanya akan memberikan gaji sebesar USD 350 per jam, atau sekitar 4,9 juta rupiah per jam.

Itu dia beberapa informasi mengenai besaran gaji pelayaran luar negeri yang berlaku di beberapa negara, serta yang diberikan kepada setiap kru/pegawai pada beberapa jenis kapal yang berlayar untuk kawasan luar negara Indonesia. Semoga informasi diatas bisa membantu Anda, yang kini tengah mencari informasi mengenai gaji dari para kru/pegawai pelayaran luar negeri.

Comments are closed.