Kisaran Gaji IT Support di Berbagai Perusahaan Serta Kota-Kota Besar yang Ada di Indonesia

Informasi Technology Support atau yang lebih dikenal dengan istilah IT Support merupakan salah satu profesi yang kini paling banyak dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Bagi Anda yang memang lulusan Teknik Informasi, dan kebetulan berniat untuk menekuni profesi ini. Ada baiknya Anda mencari tahu mengenai kisaran gaji IT Support tersebut. Baik yang ditawarkan di berbagai perusahaan, maupun yang berlaku di berbagai kota-kota besar di Indonesia.

Hal ini dilakukan tentunya agar Anda memiliki gambaran mengenai berapa penghasilan yang nantinya akan Anda dapatkan dari profesi ini. Melalui artikel ini, Anda akan menemukan informasinya dengan mudah. Maka dari itu, ikuti ulasannya berikut ini, ya!

Mengenal Job Desk dari IT Support dan Kisaran Gaji IT Support 

IT Support merupakan profesi yang banyak dijalani oleh lulusan Teknik Informasi. Maka tak heran, jika posisi IT Support di berbagai perusahaan, sebagian besar merupakan lulusan dari salah satu jurusan yang mempelajari teknologi komputer secara lebih spesifik tersebut.

Dengan kata lain, job desk dari seorang IT Support tentunya berkaitan dengan teknologi komputer di perusahaan. Baik itu mengenai jaringan komputer itu sendiri, maupun mengenai software komputer yang biasa digunakan di perusahaan tersebut.

Sebelum Anda mencari tahu mengenai gaji IT Support ini, maka tentunya Anda juga harus memahami terlebih dahulu, apa saja job desk yang biasa dilakukan oleh seorang IT Support yang bekerja di berbagai perusahaan. Beberapa job desk tersebut diantaranya:

1.Melakukan Pengecekan Komputer

Seorang IT Support memiliki job desk untuk selalu melakukan pengecekan komputer secara berkala. Baik itu melakukan pengecekan mengenai Operating System (OS) pada komputer, maupun pengecekan terhadap berbagai aplikasi yang digunakan.

2. Memastikan Hardware dan Software Komputer Berfungsi dengan Baik

Selain melakukan pengecekan, seorang IT Support juga dituntut untuk selalu memastikan bahwa hardware dan software yang ada pada komputer bisa berfungsi dengan baik. Dimana hardware komputer yang dimaksud meliputi komputer itu sendiri, printer, scanner, serta berbagai komponen lainnya.

3. Menjaga Keamanan Komputer

Job desk lainnya yang harus dilakukan oleh seorang IT Support perusahaan adalah selalu menjaga keamanan dari komputer perusahaan tersebut. Dalam arti, seorang IT Support hendaknya selalu menjaga keamanan komputer yang biasa dipakai di perusahaan dari ancaman virus, ataupun dari serangan hacker sekalipun.

4. Melakukan Back Up Data

Agar setiap data perusahaan yang disimpan pada komputer bisa tersimpan dengan baik. Seorang IT Support hendaknya memiliki kemampuan untuk bisa melakukan back up data perusahaan dengan baik. Sehingga saat pimpinan dan karyawan yang lainnya, membutuhkan data perusahaan. Maka mereka bisa menemukannya dengan lebih mudah.

5. Memastikan Jaringan Internet Selalu Tersedia Saat Dibutuhkan

Pada masa ini, hampir semua pekerjaan berkaitan dengan jaringan internet. Tak terkecuali dengan berbagai aktivitas/pekerjaan yang dilakukan di sebuah perusahaan/perkantoran. Dengan kata lain, untuk memastikan setiap pekerjaan di perusahaan yang berkaitan dengan internet ini bisa berjalan dengan lancar. 

Maka tentunya, seorang IT Support di perusahaan tersebut, hendaknya selalu bisa melakukan pengecekan dan memastikan agar jaringan internet tersebut selalu tersedia, saat dibutuhkan. Bahkan mungkin mencari cara bagaimana jaringan internet tersebut tidak selalu terputus, bilamana sedang digunakan.

Baca Juga: Yuk Intip Gaji Telemarketing dan Tugasnya

Berapakah Gaji IT Support di Berbagai Perusahaan di Indonesia?

Sebenarnya, gaji dari IT support ini berbeda-beda, tergantung dari perusahaan mana yang merekrut IT Support tersebut. Dalam arti, semakin besar perusahaan tersebut, tentunya peluang untuk mendapatkan gaji yang besar, pastinya akan lebih terbuka lebar.

Pada umumnya, kisaran gaji IT Support ini berada di angka sekitar Rp 3.914.809,- per bulan. Meskipun demikian, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa gaji dari IT Support tergantung dari perusahaan yang mempekerjakannya. Dengan kata lain, jumlah angka tersebut tidaklah bisa dijadikan sebagai patokan.

Sebagai gambaran bagi Anda, berikut ini akan diberikan beberapa daftar gaji dari IT Support yang bekerja di beberapa perusahaan yang ada di Indonesia. Diantaranya:

1.PT Mitracomm Ekasarana

PT Mitracomm Ekasarana merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penyedia layanan Customer Service (CS) dan Customer Care (CC). Dimana perusahaan ini akan menjalin kerjasama dengan klien dalam bentuk layanan CS dan CC tersebut dengan beberapa klien. Misalnya dengan klien dari Halo BCA, Blibli.com, Traveloka, dan lainnya.

Dalam mempekerjakan seorang IT Support dalam membantu pekerjaan di perusahaan tersebut. PT Mitracomm Ekasarana menawarkan jumlah gaji yang lumayan besar, jika dibandingkan dengan gaji dari IT support di perusahaan lainnya. Besaran gaji tersebut yaitu sekitar Rp 5.673.114,- per bulan.

2. PT Valdo Sumber Daya Mandiri

Tak jauh berbeda dengan PT Mitracomm Ekasarana, PT Valdo Sumber Daya Mandiri juga memberikan nominal gaji yang lumayan besar bagi seorang IT Support yang bekerja di perusahaan tersebut.

Tak tanggung-tanggung, gaji IT Support yang diberikan yaitu sekitar Rp 5.478.915,- per bulan. PT Valdo Sumber Daya Mandiri sendiri adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manajemen service perusahaan, yang didirikan oleh berbagai kalangan profesional, yang sebelumnya bekerja di bidang perbankan.

3. PT Tridaya Dimensi Indonesia

Selain kedua perusahaan tersebut, PT Tridaya Dimensi Indonesia juga menjadi salah satu perusahaan yang membutuhkan seorang IT Support, untuk membantu pekerjaan di perusahaan tersebut. Dimana perusahaan yang bergerak di bidang manpower outsourcing, yang berkaitan dengan aktivitas recruitment, HR management and training ini, pada umumnya memberikan gaji IT Support sebesar Rp 5.106.321,- yang diberikan dalam setiap bulannya.

4. PT Infomedia Nusantara

Merupakan perusahaan yang menjadi bagian dari Telkom Group dengan kepemilikan sahamnya terbagi menjadi 2, yaitu oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dan juga Multimedia Nusantara. Dalam mempekerjakan seorang IT Support, perusahaan tersebut menawarkan gaji sekitar Rp 3.878.669,- per bulan.

Daftar Gaji IT Support di Berbagai Kota di Indonesia

Selain tergantung dari perusahaan yang mempekerjakannya, besaran gaji dari IT Support juga tergantung dari kota dimana perusahaan tersebut berada. Dalam arti, gaji dari IT Support juga secara langsung tergantung dari UMK dan juga UMR dari kota/kawasan dari perusahaan tersebut berada.

Dimana kota dengan UMK yang lumayan besar, tentunya hal tersebut juga bisa berpengaruh pada gaji dari IT support yang lumayan besar pula. Beberapa kota yang memberikan gaji untuk IT Support tertinggi diantaranya:

  • Palembang dengan nominal gaji sekitar Rp 8.700.000,- per bulan
  • Jakarta, gaji IT Support yang ditawarkan pada umumnya yaitu sekitar Rp 4.633.418,- per bulan
  • Tangerang. Besaran gaji yang diterima seorang IT Support di berbagai perusahaan di kota Tangerang rata-rata dalam kisaran Rp 4.607.072,- per bulan
  • Bandung. Nominal gaji IT Support di kota Bandung yaitu sekitar Rp 4.335.898,-
  • Makassar. Besaran gaji dari IT Support yang bekerja di kota Makassar yaitu sekitar Rp 3.367.721,- per bulan
  • Jogjakarta. Perkiraan gaji dari IT Support yang bekerja di kota tersebut yaitu dalam kisaran Rp 3.354.788,- per bulan
  • Denpasar, dengan nominal gaji dari IT Support yaitu sekitar Rp 3.131.607,- per bulan, serta
  • Semarang, yang memberikan gaji untuk setiap IT Support yang bekerja di kota tersebut yaitu dalam kisaran Rp 3.094.517,- per bulan

Itu dia beberapa nominal gaji IT Support di berbagai perusahaan hingga kota-kota besar yang ada di Indonesia. Setelah menyimak ulasan diatas, apakah Anda kini telah menentukan pilihan, mengenai  perusahaan/kota manakah nantinya Anda akan melamar pekerjaan sebagai seorang IT Support?

Comments are closed.