Gaji Asian Agri Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia

Pertanyaan terkait berapa gaji Asian Agri menjadi semakin banyak usai harga kelapa sawit yang melonjak tinggi. Asian Agri merupakan perusahaan swasta nasional ternama yang ada di Indonesia yang memproduksi minyak mentah lewat pengelolaan perkebunan.

Saat ini Asian Agri sudah berkembang menjadi salah satu perusahaan kelapa sawit paling besar di Asia yang mengelola perkebunan kelapa sawit dengan luas 100.000 ha. Perusahaan ini secara khusus berada di kawasan Asia dengan puluhan ribu karyawan.

Melihat profil perusahaan sekilas yang menjanjikan sangat wajar jika akhirnya banyak yang bertanya soal besaran gaji Asian Agri.  Terlebih lagi, perusahaan besar di kawasan Asia tidak mungkin memberikan gaji rendah bagi karyawan sehingga banyak peminat untuk bekerja di perusahaan ini.

Baca Juga: Ini Dia Gaji Bumitra Gunajaya Agro yang Sering Jadi Incaran Freshgraduate

Gaji Asian Agri Secara Umum dan Beberapa Posisi

Ada banyak pekerjaan yang dibutuhkan di perusahaan kelapa sawit ini mulai dari pembibitan, penanaman, sampai dengan pengolahan tandan buah segar. Teknologi dalam perusahaan juga modern dan ramah lingkungan sehingga akan sangat baik jika digunakan.

Tidak hanya menerima karyawan tetap namun Asian Agri juga menerima karyawan magang atau intern. Salah satunya mulai dari posisi Engineer, IT, Finance, Logistik, Legal, HR dengan status magang gajinya di angka 2 jutaan.

Lalu untuk staff gaji minimalnya ada di angka Rp4.100.000 sampai di angka Rp15.380.000 untuk gaji posisi manufaktur. Selain dari gaji pokok di atas ada tunjangan penting yang jumlah nya terbilang tinggi mulai dari BPJS kesehatan sampai tunjangan makan.

Untuk jam lembur sampai bonus akhir tahun juga tersedia sehingga gaji pokok tersebut bukan angka total seluruh pendapatan karyawan Asian Agri.

Jumlah gaji di atas tentunya berubah sesuai dengan kebijakan tertentu termasuk UMR tiap daerah dan tiap tahun yang pasti selalu berubah. Itulah kenapa gaji di atas tidak bisa dijadikan patokan secara pasti jika ingin menghitung berapa besaran gaji yang didapatkan.

Total keseluruhan posisi di Asian Agri ada 31 dengan gaji yang variatif. Jenjang pendidikan yang dibutuhkan mulai dari lulusan SMA sampai dengan S1 dan gajinya lebih sesuai juga dengan pendidikan para karyawan.

Baca Juga: Yuk Simak Gaji Apical Group: Industri Hilir Bagi Para Fresh Graduate

Fasilitas Karyawan Asian Agri

Untuk fasilitas karyawan tertentu ada mobil operasional dari perusahaan. Ada juga fasilitas tunjangan kehadiran dan juga acara tahunan Family Gathering yang membuat karyawan satu sama lain lebih dekat dan lebih kental rasa kekeluargaannya.

Bagi karyawan tertentu juga bisa mendapatkan mess atau tempat tinggal. Fasilitas ini tersedia selama bekerja sebagai karyawan jadi jika sewaktu-waktu dipecat fasilitas ikut dicabut dan dipakai karyawan baru.

Keuntungan Magang di Asian Agri

Meski gaji karyawan magang atau intern di Asian Agri terbilang rendah apalagi untuk UMR di kawasan Sumatera namun banyak yang mengantri magang di perusahaan ini. Alasannya yakni, pengalaman magang di Asian Agri memiliki nilai lebih untuk bekerja di perusahaan lain.

Pengalaman yang diberikan juga cukup penting untuk bekal dunia kerja di masa depan. Budaya kerja dan lingkungan yang bagus membuat para pemagang betah dan tidak merasa sia-sia membuang waktu magang di perusahaan ini.

Karir Asian Agri

Karir di Asian Agri bisa lewat salah satu jabatan yaitu Estate Assistant Trainee dengan kualifikasi maksimal usia 27 tahun. Untuk jurusan yang diperlukan dari jurusan pertanian dan terkait dengan IPK minimal bagi perguruan tinggi 2,75.

Selain itu juga ada ketentuan untuk mengikuti program pelatihan selama 6 bulan dan dinas selama 2 tahun. Penempatannya juga ada di lokasi perkebunan di seluruh Indonesia.

Ketika masa training 6 bulan ini fasilitas yang didapatkan adalah uang saku, makan hingga cuci pakaian. Belum lagi tempat tinggal jika sudah pengangkatan sebagai staff yang tersedia di perusahaan.

Setelah lulus program training jenjang karier awal adalah posisi asisten. Kesempatan tersebut bisa terbuka lebar untuk jenjang yang lebih tinggi bahkan sampai posisi Regional Head. Tentunya saat menjadi trainee banyak suka duka yang dilalui dan hanya cocok bagi pelamar penyuka tantangan.

Tantangan Bekerja di Asian Agri

Untuk bekerja di Asian Agri ada tantangan berat bagi setiap karyawan yakni jam kerja yang kerap lembur. Pekerjaan di Asian Agri sangat banyak dan terkadang butuh jam lembur untuk menyelesaikannya. Tapi tenang saja karena ada penghitungan jam kerja yang nilainya lumayan tinggi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas maka ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan di Asian Agri dengan gaji yang cukup menjanjikan. Tentunya untuk bisa bekerja di Asian Agri sangat banyak pesaingnya yang mendaftar ke perusahaan tersebut.

Seleksinya sendiri hampir tiap tahun diadakan dengan berbagai macam posisi dan penempatan. Satu tantangan penting ketika bekerja di Asian Agri adalah jumlah pekerjaan yang tak terduga dan juga penempatannya bukan di daerah pusat kota.

Hal ini mengingat perusahaan kelapa sawit pengolah minyak menjadi perusahaan yang perkebunannya di daerah kabupaten kebanyakan. Penghasilan dari kelapa sawit juga tidak tanggung, bahkan untuk membeli perkebunan kelapa sawit saat ini harganya sudah cukup tinggi.

Itu dia gaji Asian Agri yang mungkin bisa jadi pertimbangan jika ingin memulai karier bekerja disana. Jika ingin mempertimbangkan terlebih dahulu maka bisa mendaftar di posisi trainee terlebih dahulu. Semoga bermanfaat!

Comments are closed.