Inilah Nominal Gaji Karyawan Perusahaan Pencetak Uang (PERURI)

Karyawan pencetak yang? Di Indonesia sendiri, terdapat perusahaan pencetak uang yang disebut dengan PERURI. Para pekerja PERURI menerima gaji yang sangat menjanjikan. Penasaran dengan nominal gaji karyawan pencetak uang di PERURI? Artikel kali ini akan membahasnya.

PERURI— Percetakan Uang Republik Indonesia yang merupakan perusahaan BUMN–Badan Usaha Milik Negara ini telah berdiri sejak tahun 1971. Seperti namanya perusahaan ini memang beroperasi dalam industri cetak uang. 

Daripada semakin penasaran, simak lebih jelasnya terkait gaji karyawan PERURI di bawah ini. 

Ini Besaran Gaji Karyawan Pencetak Uang

Mendengar kata pencetak uang tentunya Anda sudah membayangkan betapa besarnya gaji menjadi karyawan di perusahaan tersebutkan?

Lalu, sebetulnya benar atau tidak gaji karyawan pencetak uang alias di PERURI—Percetakan Uang Republik Indonesia bernominal besar?

Nilai gaji karyawan di perusahaan pencetak uang ini memiliki nominal yang berbeda sesuai dengan posisi dan tugasnya masing-masing.

Misalnya, karyawan yang hanya memiliki pendidikan lulusan SMA atau SMK, biasanya mereka menerima gaji antara nominal Rp. 3.000.0000—tiga juta rupiah hingga Rp. 10.000.000—sepuluh juta rupiah.

Sedangkan untuk karyawan atau staff dan pegawai di atasnya memiliki nilai gaji yang lebih tinggi berkisar pada nominal Rp. 10.625.000,00—sepuluh juta enam ratus dua puluh lima ribu.

Nominal gaji yang berbeda-beda ini menyesuaikan iklim kerja dan kemampuan serta pengalaman individu para karyawan. Berikut ini gaji pekerja Peruri berdasarkan posisinya:

Gaji berdasarkan Posisi Pegawai PERURI

Jika di atas hanya menjelaskan gaji yang didapat oleh karyawan umum PERURI, berikut ini merupakan rincian beberapa posisi dan gaji pegawai di PERURI.

Posisi Helper 

Kata helper merujuk pada pekerja yang relatif tidak memiliki keahlian yang spesifik, namun pekerja ini memiliki tugas dalam membantu para pekerja lain yang terampil atau ahli dengan pekerjaan manual.

Contohnya helper produksi yang memiliki tanggung jawab terkait melakukan checking, menyediakan barang-barang yang akan diproduksi serta sebagainya.

Gaji seorang helper di perusahaan pencetak uang memiliki nominal sebesar Rp. 10.000.000—sepuluh juta rupiah.

Direktur Utama

Direktur utama Direktur ialah orang yang terpilih oleh para pemegang saham maupun investor. Adapun tugas direktur ialah untuk memantau dan mengawasi segala kegiatan perusahaan agar sesuai dengan visi dan misi perusahaan.

Penjabat dengan posisi direktur utama di perusahaan PERURI memiliki gaji sebesar Rp. 25.000.000—dua puluh lima juta hingga tingginya ratu Rp 25.000.000 sd ratusan juta rupiah per bulan

Posisi Direksi 

Direksi merupakan sebuah organ perusahaan yang memiliki wewenang dan bertanggung jawab penuh terhadap pengurusan perseroan untuk kepentingan perseroan, menyesuaikan maksud dan tujuan perseroan serta mewakili perseroan baik di dalam maupun di luar pengadilan berdasarkan anggaran dasar.

Profesi yang menjembatani sebagai direksi memiliki nominal gaji yang diterima sebesar Rp. 25.000.000 hingga ratusan juta dalam per bulannya.

Sekretaris 

Sekretaris merupakan posisi professional terkait administrasi yang berperan integral dalam bisnis. Menurutkan pada pasal 617, seorang sekretaris bertugas dalam membantu kepala badan untuk melaksanakan rumusan rencana program dan kegiatan, koordinasi, monitoring, urusan administrasi, kepegawaian, hingga evaluasi dan laporan.

Tugasnya yang menumpuk ini membuat profesi sekretaris di PERURI memperoleh gaji sebesar Rp. 10.000.000 dalam per bulan. 

Recruitment/HRD 

HRD yang merupakan singkatan dari kalimat Human Resource Development memiliki tugas dalam menangani pelatihan dan pengembangan karyawan, melaksanakan recruitment serta memberikan perlindungan dan kompensasi kepada karyawan.

Profesi sebagai HRD atau rekrutmen di PERURI dapat memperoleh gaji sebesar Rp. 10.000.000

Staff Teknisi 

Staff teknisi merupakan profesi yang merujuk pada seseorang yang memiliki keahlian dan keterampilan terhadap teknologi, yang mana mereka lebih paham mengenai teknik. 

Seorang staff teknisi di PERURI memiliki nilai gaji yang diperoleh sebesar Rp. 10.000.000.

Staff Desainer

Posisi yang tidak kalah pentingnya di PERURI—Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia adalah Desainer. 

Seperti namanya, desainer ini bertanggung jawab terhadap desain produk yang diciptakannya. Karena produk yang diciptakan salah satunya uang, maka mereka bertugas dalam mendesain uang dan produk lainnya.

Seorang desainer di PERURI mendapatkan nominal gaji sebesar Rp. 10.000.000 

Demikianlah penjelasan terkait posisi penting serta gaji di perusahaan PERURI, dan tentunya posisi lain pegawai di PERURI memiliki peranan yang tidak kalah pentingnya.

Bagaimana Cara agar Bisa Bekerja di PERURI?

Setiap perusahaan memiliki kualifikasi tertentu untuk merekrut karyawan barunya, begitupun dengan PERURI—Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia. Namun, ada beberapa syarat faktor yang menjadikan perusahaan merekrut seorang karyawannya di antaranya sebagai berikut.

Pendidikan

Pendidikan menjadi urutan nomor satu dan merupakan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh para pelamar.

Setidaknya pelamar yang mendaftar ke PERURI harus memiliki pendidikan dengan minimal D1 atau S1, meski begitu lulusan SMA pun tak jarang ikut direkrut.

Maka dari itu, jika Anda masih dini siapkan diri untuk pendidikan yang tinggi.

Pengalaman dan Skill 

Pengalaman dan skill adalah dua faktor yang sangat penting bagi perusahaan dalam merekrut karyawannya apalagi jika itu perusahaan besar seperti PERURI. 

Pengalaman dan Skill yang dimiliki oleh para pelamar menjadi pertimbangan bagi perusahaan tersebut. Semisalnya, Anda ingin melamar menjadi sekretaris, maka tentunya Anda harus memiliki pengalaman dan skill yang dalam terhadap bidang tersebut.

Latar Belakang

Selain pendidikan, pengalaman dan skill latar belakang seseorang pun menjadi salah satu pertimbangan. Latar belakang yang dimaksud ialah riwayat kehidupannya seperti apakah pernah terlibat kasus hukum atau tidak serta status dari si pelamar.

Ketiga syarat umum diatas harus terpenuhi agar peluang bekerja di PERURI bisa Anda dapat. Lalu bagaimana dengan syarat khusus yang diberikan oleh PERURI dalam merekrut karyawannya?

Syarat Khusus Mendaftar di PERURI

Jika tadi adalah penjelasan umumnya kini adalah syarat khusus yang harus dipenuhi oleh para pelamar PERURI, yakni diantaranya:

  • Pelamar harus merupakan WNI dan memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang baik.
  • Memiliki KTP yang masih berlaku.
  • Pendidikan Kuliah dengan memiliki IPK min 3.00
  • Usia Pelamar maksimal 28 tahun (umum) dan 30 tahun (kontrak).
  • Status pelamar harus belum menikah khusus pelamar umum.
  • Memiliki pengalaman pada bidangnya.
  • Tidak pernah atau sedang terlibat dalam masalah tindak pidana terutama narkoba.
  • Tidak sedang mengikuti ikatan dinas atau ikatan wajib kerja dengan perusahaan/instansi manapun
  • Tidak pernah memiliki pengalaman pemberhentian sebagai karyawan secara tidak hormat
  • Siap dan bersedia ditempatkan pada wilayah kerja Perum PERURI beserta anak perusahaannya.
  • Jika mengundurkan diri dalam waktu 3 tahun sejak diangkat, maka harus siap membayar pinalti

Demikianlah syarat yang harus Anda penuhi jika ingin melamar pekerjaan di PERURI, dengan begitu nominal gaji karyawan pencetak uang yang Anda impikan di atas bisa Anda peroleh. Bagaimana? Apakah tertarik bekerja di PERURI?

Comments are closed.