Ini Besaran Gaji Ahli K3 Umum beserta Tugasnya!

Profesi Ahli K3 Umum sangat menjanjikan, sebab di Indonesia sendiri gaji ahli K3 sangatlah besar. Bekerja menjadi ahli K3 membutuhkan perjalanan dan proses yang panjang, sehingga tak heran gaji ahli K3 umum mencapai puluhan juta rupiah.

Anda bisa membuktikan hal tersebut  pada penjelasan kali  ini.

Mengenal Tugas Ahli K3 Umum

K3—Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah ilmu pengetahuan dan penerapan sebagai bentuk upaya pencegahan terjadinya kecelakaan dan penyakit yang diakibatkan oleh pekerjaan itu sendiri/lingkungan kerja.

K3 dikenal juga dengan istilah HSE—health,safety, and environment. Seorang pekerja K3 memiliki tugas dan tanggung jawab terhadap K3 di tempat pekerjaan.

Yang mana tugas dan tanggung jawabnya ini meliputi pada pelaksanaan K3 di perusahaan terkait, baik itu mengenai syarat-syarat K3, pelaksanaan peraturan K3, membuat laporan K3, mengontrol hingga menjamin dan melindungi keselamatan dan kesehatan kerja.

Gaji Ahli K3 Umum dan Posisinya.

Dari lansiran Kelly Service Indonesia, Perusahaan Rekrutmen Karyawan terbesar se-Asia Pasifik kisaran gaji ahli K3 Umum sesuai dengan posisinya ialah sebagai berikut.

  1. Ahli K3 Manufaktur

Seorang ahli K3 yang bekerja di perusahaan Manufaktur memiliki gaji rata-rata mulai dari 10 juta hingga 35 jutaan. Angka gaji yang didapat ditentukan oleh pendidikan dan pengalaman pekerja.

Contohnya, K3 Koordinator yang berpengalaman dengan latar pendidikan lulusan S1 memiliki standar gaji dari Rp. 10 juta hingga 20 juta.

Lalu, K3 Manajer yang pengalaman selama 10 hingga 15 tahun memiliki gaji mulai dari Rp. 20 hingga 30 juta dan Head of Sustainability pendidikan S1 dan memiliki pengalaman 10 – 15 tahun mendapatkan gaji mulai Rp 25 – Rp 35 juta.

  1. Ahli K3 Konstruksi 

Ahli K3 konstruksi merupakan orang yang bekerja dengan tugas dan tanggung jawabnya terhadap berjalannya pekerjaan konstruksi.

Ahli K3 konstruksi pun terbagi menjadi beberapa posisi di antaranya Spesialis Lingkungan, HSE Manager, Supervisor, Officer, hingga Process Safety atau Loss Prevention Engineer. Di mana gaji yang diterima oleh setiap posisi ini bekisar 7 bahkan hingga 55 juta.

Rinciannya sebagai berikut:

  • HSE/K3 Manager dengan latar pendidikan D3 dan memiliki pengalaman setidaknya 1 tahun memiliki gaji Rp 7 – 8 juta.
  • K3 Supervisor dengan pengalaman 5 tahun dan memiliki pendidikan S1, minimal 5 tahun, gaji yang didapat berkisar Rp 9 – 13,5 juta
  • HSE Officer yang memiliki pengalaman setidaknya 10 tahun dan pendidikan S1 gaji yang didapat adalah Rp 10 – 24 juta
  • Spesialis Lingkungan yang merupakan lulusan S1 dan memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, memiliki gaji standar Rp 30 – Rp 45 juta.
  • Dan posisi Process Safety/Loss Prevention Engineer berpendidikan S1 dan pengalaman 5 – 8 tahun gaji yang didapat Rp20 – 55 juta
  1. K3 Pertambangan

K3 Pertambangan memiliki tanggung jawab terhadap K3 dalam kegiatan kerja di area pertambangan. Memiliki gaji yang sangat menjanjikan, berikut ini rinciannya.

  • HSE Manager berpendidikan S1 dan pengalaman 10 tahun gaji yang didapat Rp 28 – 40 juta.
  • Environmental Manager yang merupakan lulusan S1 dengan pengalaman 10 – 20 tahun gaji yang didapat Rp 20 – 28 juta.
  • Safety Coordinator dengan lulusan pendidikan S1 serta pengalaman setidaknya 3 tahun gaji yang didapat Rp 6 – 8 juta.
  • Technical Service Superintendent berpendidikan S1 dan pengalaman 10 – 20 tahun kisaran gajinya Rp 30 – 35 juta
  1. Minyak dan Gas 

Sederhananya K3 minyak dan gas memiliki tugas utama yang berkaitan dengan kompetensi inti di dalamnya, bertanggung jawab terhadap proses kerja di area pekerjaan.

Daftar gaji K3 Minyak dan gas di antaranya:

  • HSE/K3 Manager yang merupakan lulusan S1 dan memiliki pengalaman 5-10 tahun, penghasilan yang didapat standarnya Rp 28 – 40 juta.
  • HSE Advisor berpendidikan S1 dengan pengalaman 10 – 20 tahun memiliki gaji standar Rp 95 – 125 juta
  • Technical Safety Advisor berpendidikan S1, pengalaman 10 – 20 tahun berpenghasilan Rp 95 – Rp 125 juta
  • Technical Safety Manager lulusan S1 yang memiliki pengalaman setidaknya 5 – 10 tahun mendapat gaji Rp 77.5 juta hingga Rp 95 juta per bulan.
  1. Petrokimia

Profesi K3 yang bekerja di Petrokimia memiliki gaji yang tidak kalah besarnya, yang mana rincian gaji ahli K3 di Petrokimia yakni:

Posisi QA Manager berpendidikan S1 dan pengalaman 7 tahun penghasilan yang didapat Rp 55 – 75 juta

QA Officer lulusan S1 dengan pengalaman setidaknya 3 tahun memiliki gaji Rp 10 – 18 juta

Sustainability Specialist dengan pendidikan S1 dan pengalaman 8 tahun memiliki gaji Rp 20 – 27 juta

  1. Pembangkit Listrik 

Selanjutnya gaji K3 yang bekerja di area pekerjaan pembangkit listrik terdiri dari dua yakni:

HSE Manager, lulusan S2, pengalaman minimal 10 tahun, pendapatannya antara Rp 30 – 45 juta

HSE Officer lulusan S1 dan pengalaman 1 – 5 tahun, penghasilan yang didapat Rp 10 – 12 juta

  1. Otomotif 

Terakhir ahli K3 yang bekerja di bidang otomotif memiliki besaran gaji yang berdasarkan pada posisi:

Posisi K3/HSE Supervisor yang merupakan lulusan S1 dengan pengalaman minimal 4 tahun, memiliki gaji standar antara Rp 6 – 14 juta.

Posisi QC Officer, pendidikan D3 ataupun S1 dengan pengalaman 4 hingga 8 tahun memiliki gaji sebesar Rp 5 – 14 juta

Demikianlah daftar gaji ahli K3 umum berdasarkan posisi dan perusahaan tempat kerjanya. Dengan penjelasan ini terbukti bahwa profesi ahli K3 sangatlah menjanjikan. Anda pun pasti tergiur dengan gaji ahli K3 umum ini, kan?

Comments are closed.