Begini Cara Mengambil Gaji Youtube dari Hasil Adsense

Youtuber pemula wajib tahu, cara mengambil gaji Youtube melalui pos maupun ATM agar mudah saat uang hasil AdSense turun. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, cek langkahnya di sini biar nggak salah. 

Di era yang serba digital, banyak  orang menjadi Youtuber. Awalnya hanya iseng atau coba-coba, tetapi setelah konsisten membuat konten justru ketagihan. Ini karena menjadi content creator tak hanya menjanjikan popularitas. Namun, juga pendapatan lumayan besar.  Cek kisaran uang yang bakal diterima.

Baca Juga: Cara Cek Penghasilan YouTuber Paling Mudah dan Cepat 

Cara Mengambil Gaji Youtube

Cara ambil uang dari iklan di konten bisa dilakukan dengan beberapa cara. Setelah akun Youtube ditautkan dengan Google AdSense, pendapatan akan diakumulasikan dan dikirim apabila telah memenuhi syarat minimal pembayaran. 

Artinya, kalau uang yang dihasilkan kurang dari jumlah minimal, maka dana yang terkumpul akan dikirim di bulan depan atau jika sudah memenuhi batas tersebut. Google AdSense sendiri menyediakan tiga pilihan metode pembayaran yaitu melalui pos, transfer bank, dan cek khusus untuk warga Amerika. 

Youtuber yang tidak memiliki rekening dapat memilih transfer via pos, sedangkan content creator yang punya rekening, bisa transfer melalui bank tercantum. 

Nah, kalau kanal Youtube Anda sudah berhasil mengumpulkan dana lebih dari batas minimal, simak langkah-langkah berikut ini dilansir dari Kumparan

1. Melalui Pos atau Western Union

Bagi Anda yang memilih metode pembayaran via Western Union, Anda harus mengunjungi kantor pos terdekat untuk mencairkan uang kiriman Google. 

  1. Syarat berkas yang dibawa adalah KTP asli dan salinan. 
  2. Selanjutnya mengisikan formulir dan melengkapi data yang dibutuhkan. 
  3. Demi memudahkan isi blanko dari kantor pos, cetak informasi pembayaran Google AdSense. Di dalamnya memuat nama kanal dan kode khusus untuk mencairkan dana.
  4. Terakhir berikan formulir ke pihak kantor pos untuk segera diproses. 

Setelah pencairan berhasil, hitung nominalnya lebih dulu dan selamat proses mengambil uang dari hasil Youtube telah berhasil dilakukan. Pembayaran berikutnya dilakukan melalui kantor pos juga. 

2. Transfer Bank

Cara praktis mencairkan dana Youtube adalah lewat transfer bank. Melansir dari Support Google, begini langkah menambahkan rekening untuk menerima pembayaran hasil iklan. 

  1. Masuk ke akun AdSense.
  2. Klik navigasi kiri, lalu pilih pembayaran.
  3. Tambahkan metode pembayaran.
  4. Tekan ikon radio atau menu “transfer bank ke rekening bank”.
  5. Kemudian, tekan lanjutkan dan input nomor rekening. 
  6. Konfirmasi lalu lanjutkan proses. 

Setelah proses berhasil, pendapatan dari AdSense akan langsung dikirim ke rekening terhubung setiap bulannya. Ulangi langkah diatas apabila belum berhasil. 

3. Menggunakan Cek

Metode terakhir adalah cek yang dikirim via pos ke rumah Youtuber. Cara ini hanya bisa dilakukan di negara Amerika Latin yaitu Bolivia, Ekuador, Kolombia, Paraguay, Uruguay, Venezuela, Chile, Meksiko, dan Argentina. 

Dilansir dari Google AdSense Support, Youtuber akan menerima cek yang bisa dipakai untuk mendapatkan uang bulanan berdasarkan performa kanal Youtube. 

Selain tiga cara di atas, ada pula pembayaran via transfer dana elektronik, EFT SEPA, dan Ribida bagi Youtuber di Rusia sehingga lebih leluasa saat proses transaksi. 

Kapan Mendapatkan Uang Adsense dari Youtube?

Walaupun Anda bisa mendapatkan banyak uang dari AdSense, nyatanya tak semua Youtuber merasakan gaji di bulan pertama buat konten. Terdapat syarat yang wajib dipenuhi agar proses pembayaran berhasil diantaranya sebagai berikut. 

  1. Masukkan informasi pajak untuk Youtuber yang tinggal di tempat tertentu.
  2. Konfirmasi data pribadi meliputi alamat dan PIN.
  3. Tentukan metode pembayaran.
  4. Penuhi saldo uang batas minimal.

Cara Menyiapkan Metode Pembayaran

Google AdSense menawarkan berbagai cara untuk menerima pendapatan bulanan, sehingga memudahkan Youtuber dan content creator saat mencairkan dana. Nah, kalau belum tahu bagaimana menyiapkan metode pembayaran dengan baik, perhatikan deretan langkah berikut. 

  1. Masuk ke akun AdSense.
  2. Klik menu pembayaran, lalu pilih informasi pembayaran.
  3. Tekan metode pembayaran.
  4. Tambahkan informasi rekening yang terhubung dengan Youtube.
  5. Kemudian, centang semua kotak dan simpan. 

Berapa Estimasi Gaji Youtuber?

Tingginya minat menjadi Youtuber biasanya didasari oleh popularitas. Umumnya, orang beranggapan setelah membuat Youtube, pasti akan terkenal dan punya uang banyak. 

Sebenarnya, berapa sih pendapatan Youtuber pemula dalam sebulan? Perlu diketahui, content creator Youtube harus mendapatkan 1000 pengikut dan memiliki 4000 jam tayang selama setahun terakhir untuk melakukan monetisasi uang AdSense. 

Pendapatan Youtuber per bulan berbeda-beda sesuai banyaknya subscriber, jumlah CPM (cost per mille), dan CPC (cost per click). Dilansir dari Kata Data, CPM adalah pendapatan yang didapat setiap iklan ditayangkan.

Sementara CPC adalah pendapatan yang dihasilkan setiap kali orang menekan iklan tersebut. Fee yang diberikan CPM sekitar Rp7 ribuan, sedangkan CPC sebesar Rp5-Rp12 ribuan. Mari simulasikan dengan kasus berikut. 

Andi adalah Youtuber dengan 10.000 subscriber. Videonya yang berjudul “tips sukses di usia muda” berhasil ditonton 6000 orang. Mari asumsikan 600 orang melihat iklan hingga selesai. 

Begini perhitungan pendapatannya Rp7.000 x 600 = Rp4.200.000. Selanjutnya, Rp4.200.000 x 60 persen = Rp2.520.000. Jadi, dana yang didapat Youtuber sekitar Rp2,5 jutaan. 

Dari Mana Youtuber Mendapatkan Pendapatan?

Selain dari AdSense, Youtuber bisa menghasilkan banyak uang melalui affiliate atau endorse brand tertentu. Misalnya, Anda seorang konten kreator kecantikan, bisanya brand skincare atau make up menjalin kerja sama untuk mempromosikan produk yang dibuat. 

Pendapatan yang dihasilkan tergantung rate card Youtuber atau berdasarkan kesepakatan dua belah pihak. Ada pula yang hanya memperoleh produk brand secara gratis. 

Itulah cara mengambil gaji dari Youtube yang bisa Anda praktikkan. Pastikan telah memenuhi syarat untuk mendapatkan uang hasil buat konten di platform tersebut. Selamat mencoba ya!

Comments are closed.