Gaji MT Mandiri Tunas Finance yang Jadi Incaran Fresh Graduate

Salah satu jenis pekerjaan yang banyak diidam-idamkan oleh para lulusan baru saat ini adalah Management Trainee atau sering disebut dengan MT. Jenis pekerjaan ini lebih tepat disebut sebagai suatu program pendidikan yang disediakan oleh suatu perusahaan serta bersifat bergaji yang tujuannya adalah menyiapkan future leader melalui pengembangan jalur dengan jalur cepat atau fast track. Bidang MT ini juga disediakan oleh perusahaan bank swasta besar di Indonesia yaitu Mandiri. Lalu berapakah gaji MT Mandiri Tunas Finance yang banyak digandrungi karyawan muda mudi?

Inilah ulasannya untuk membimbing Anda yang memiliki rencana menjadi bagian dari MT setelah lulus nantinya!

Seluk Beluk Program Management Trainee 

Management trainee atau sering disebut MT adalah program yang disediakan oleh perusahaan untuk menjaring fresh graduate potensial. 

Bentuknya berupa pelatihan dengan metode tertentu untuk membuat pesertanya bisa berada pada posisi manajerial dalam waktu singkat. Tujuan dari program ini adalah agar setiap peserta bisa berkembang dalam perusahaan penyelenggara MT. 

Program MT ini memang tidak tersedia di semua jenis perusahaan, umumnya pembukaan program ini banyak terjadi di perusahaan-perusahaan yang memiliki tipe pergerakan yang cepat dan diisi oleh SDM muda yang potensial. Contoh industri yang mengadakan MT umumnya adalah FMCG (fast moving goods customer) dan Bank. Sedangkan di perusahaan-perusahaan BUMN, tambang, dan IT juga masih terdapat namun berskala terbatas. 

Perbedaan MT dengan Karyawan Biasa

Melamar kerja secara reguler faktanya berbeda dengan ikut program management trainee. Perbedaannya bahkan cukup banyak. Kalau kamu tertarik ikut MT, tentu saja memahaminya adalah wajib.

  1. Tahap Rekrutmen 

Seleksi menjadi peserta program MT di perusahaan relatif lebih panjang ketimbang melamar kerja secara reguler. Selain adanya tahap seleksi administrasi, psikotes, wawancara dengan user, dan tes kesehatan, terdapat satu tahapan khusus berupa forum group discussion yang jarang atau hampir tidak ada di tahapan rekrutmen karyawan biasa. Tahap tersebut umumnya menjadi gambaran bagi para calon MT dalam model kerja nantinya. 

  1. Tahap Kontrak 

Ketika bergabung dalam program ini, Anda akan mendapatkan konten kontrak yang agak berbeda dengan kerja reguler. Kewajiban MT bukan hanya bekerja sebagaimana pada umumnya, tapi juga termasuk tuntutan untuk learning by doing.

Fasilitas pelatihan dari perusahaan penyelenggara MT harus ditukar dengan komitmen tinggi. Perusahaan berharap bahwa jebolan-jebolan MT kelak akan menjadi pegawai berpengaruh bagi perusahaan. 

Maka dari itu, biasanya dalam kontraknya akan ada kesepakatan soal waktu, umumnya 2 tahun. Jika Anda melanggar dan memilih mundur sebelum kontrak habis, maka trainee bisa mendapatkan penalti dengan jumlah besar.

  1. Tahap Program 

Setelah tanda tangan kontrak, seorang trainee tidak akan bekerja pada satu jenis bidang saja dan bersifat sangat dinamis. Hal ini karena menjadi gambaran di masa depan apabila trainee menjadi seorang manager nantinya. 

  1. Tahap Kerja 

Setelah mulai benar-benar bekerja, seorang MT akan lebih diperhitungkan perusahaan. Mereka lebih mudah dalam menapak jenjang karir lebih tinggi.

Tentu saja itu sangat wajar. Bagaimanapun, jebolan MT sudah digodok dengan serangkaian pekerjaan dan pengalaman untuk terbiasa dalam level manajerial.

Skill Penunjang Lolos Seleksi MT

  1. Leadership

Dalam kegiatan MT skill ini akan dibahas lebih dalam. Tapi alangkah lebih baiknya Anda sudah punya skill dasar soal ini. Setidaknya memiliki pengalaman jadi pemimpin dalam level rendah. 

  1. Pembelajar 

Kemampuan ini dicirikan dengan semangat tinggi untuk menerima berbagai pengetahuan dan pengalaman baru. Tidak ada rasa sombong dan merasa sudah profesional dalam segalanya. Seorang pembelajar pasti antusias dan senang mendengarkan atau menyerap ilmu dari orang lain.

  1. Interpersonal

Skill ini mengenai kemampuan menjalin hubungan dengan orang sekitar. Dalam bentuk terbiasa mendengarkan keluhan orang, membantu orang, memberikan solusi, memotivasi, dan lainnya. 

Sebagai calon manajer, mempunyai keahlian semacam itu sangat bermanfaat. Apalagi dalam program MT nanti kamu akan berjumpa dengan banyak orang dengan latar belakang berbeda-beda.

Gaji MT Mandiri Tunas Finance 

Sebelum jauh membahas mengenai besaran gaji yang diperoleh oleh seorang management trainee di Mandiri Tunas Finance, mengenal perusahaan yang menyediakan lowongan pekerjaan tersebut menjadi langkah awal yang baik. 

PT. Mandiri Tunas Finance adalah perusahaan pembiayaan yang merupakan bagian dari group usaha Bank Mandiri dan Tunas Ridean yang terus berkembang untuk menjadi The Most Progressive and Reliable Multifinance In Indonesia.

Adapun misi dari MTF yaitu Berorientasi kepada pemenuhan kebutuhan kredit masyarakat untuk mensejahterakan bangsa, Memberi keuntungan dan manfaat optimal bagi Stakeholder, Membangun sumber daya manusia profesional dan pantang menyerah melalui budaya kerja PERWIRA, Menjadi institusi yang menyenangkan dan membanggakan dalam berkarya meraih prestasi terbaik.

Sebagai seorang MT di perusahaan keuangan swasta besar, Mandiri Tunas Finance menginginkan kualifikasi yang memadai di antaranya adalah lulusan lokal maupun internasional (S1) dan pascasarjana (S2) dari berbagai bidang studi. Dengan nilai IPK minimal 3 dan usia maksimal 25 tahun. 

Beberapa keahlian lainnya yaitu mampu menggunakan bahasa inggris sebagai speaking language serta tulisan. Dalam menjalankan program, sang trainee juga tidak diperbolehkan menikah terlebih dahulu. Seorang MT jebolan Mandiri Tunas Finance juga harus siap untuk menjalani kewajiban dengan ditempatkan pada berbagai lokasi di seluruh Indonesia. 

Dikutip dari lowongan pekerjaan yang dibuka oleh Mandiri Tunas Finance sendiri, dikatakan bahwa rentang gaji untuk MT pada perusahaan ini adalah Rp3.000.000-10.000.000 rupiah per bulannya. Nilai yang cukup besar untuk seorang lulusan baru dengan fasilitas karir yang sangat menjanjikan untuk menduduki posisi penting di suatu perusahaan kedepannya. 

Tentu saja fasilitas dan salary yang didapatkan perlu dibayar dengan perjuangan dan usaha yang tidak main-main. Beban kerja seorang trainee jelas sangat berat dan banyak dikarenakan posisi tersebut seakan-akan Anda adalah asisten dari manager atau junior manager yang harus memahami dasar-dasar permasalahan dan cara kerja masing-masing departemen dalam perusahaan. 

Bidang pekerjaan ini juga menuntut sang trainee bekerja dengan cepat dan tepat serta mempelajari suatu masalah dan menemukan solusi sesegera mungkin. Dalam melaksanakan program MT, seorang trainee menjadi harapan besar bagi perusahaan maka dari itu terdapat perjanjian yang cukup berat untuk mencegah keluar atau mundurnya trainee tersebut. Maka dari itu apabila seorang trainee resign, maka ia haruslah membayar denda sesuai dengan perjanjian perusahaan. Seorang Management Trainee termasuk di PT Mandiri Tunas Finance merupakan suatu bidang pekerjaan sekaligus pendidikan yang memerlukan iklim berbeda dengan karyawan biasa. Hal inilah yang menjadikan fasilitas serta gaji MT mandiri tunas finance lebih spesial.

Comments are closed.