Gaji Cabut Bulu Walet Terbaru Tahun 2022

Menggeluti bidang usaha peternakan sarang burung walet merupakan suatu hal yang banyak diminati oleh para wirausahawan. Mengapa demikian? Sebab usaha walet menjadi salah satu bisnis yang keuntungannya dapat menjanjikan. Hanya dengan merawat dan memanfaatkan sarangnya sebagai produk prioritas, maka akan menghasilkan nilai jual tinggi.  

Akan tetapi, untuk mencapai itu semua tidak dapat dilakukan secara sendiri, setidaknya dibutuhkan beberapa karyawan untuk dapat mengelolah bisnis tersebut. Salah satunya adalah menjadi karyawan pencabut bulu walet, pasalnya untuk posisi tersebut gaji yang diperolehnya tidak terlalu besar loh? Sebab besar kecilnya gaji yang diperoleh tergantung dari banyaknya hasil produksi walet itu sendiri. 

Sebenarnya berapa sih gaji cabut bulu walet? Penasaran? Untuk mengetahui lebih detailnya yuk simak ulasan lengkapnya di artikel ini, agar Anda dapat mengetahuinya.  

Baca Juga: Ini Dia Cara Paling Jitu untuk Hitung Gaji Karyawan Walet

Daftar Besaran Gaji Cabut Bulu Walet Terbaru

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dalam menjalankan sebuah usaha bisnis walet tentunya, tidak dapat dilakukan secara mandiri, sebab mulai dari perawatan walet, hingga mendapatkan hasil yang maksimal, pasti membutuhkan beberapa karyawan untuk dapat mengelolanya. Berikut ini beberapa posisi karyawan beserta tugasnya masing-masing. 

Setiap masing-masing posisi akan diberikan gaji yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaannya. Berikut ini beberapa daftar gaji karyawan walet.

  • Membersihkan Sarang Walet

Menjaga kebersihan sarang walet merupakan hal utama dalam usaha ini, sebab demi memperoleh kualitas produk yang baik, maka dari itu karyawan dituntut untuk terus menjaga kesterilisasian kondisi sarang. Umumnya untuk gaji karyawan yang bertugas membersihkan sarang walet berkisar Rp. 2000.000 untuk perbulannya.

  • Mencuci sarang wallet

Selain menjaga kebersihan sarangnya, mencuci sarang walet juga perlu dilakukan, sebab ketika ada pembeli datang kondisi sarang walet pun sudah bersih dan siap dijual. Dalam mencucinya pun tidak dapat sembarang, itulah mengapa perlu dibutuhkan orang-orang khusus untuk mencucinya agar hasilnya pun dapat maksimal.

Dikarenakan tugasnya tak jauh berbeda dengan karyawan pembersih sarang wallet, maka untuk gaji yang diperolehnya pun nyaris sama, yaitu berkisar Rp. 2000.000 perbulannya.

  • Cabut kering sarang walet

Selain membersihkan dan mencuci sarang walet, adapun pekerjaan lainnya yaitu cabut kering sarang walet. Pekerjaan satu ini merupakan pekerjaan sulit, namun gaji yang lebih tinggi. Mengapa demikian? Karena pada saat melakukan pencabutan sarang bagaimana caranya burung walet tersebut tidak pergi dari persinggahannya. 

Maka dari tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Untuk gaji karyawan cabut kering sarang walet biasanya berkisar Rp.2.300.000 untuk perbulannya. 

  • Cabut bulu walet

Selanjutnya terakhir adalah pekerja dengan cabut bulu walet. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa untuk pekerja cabut bulu walet gajinya terlibang lebih rendah dari pada pekerja lainnya. Mengapa demikian? Karena besar kecilnya gaji yang diperoleh ditentukan oleh banyaknya hasil produksi dari walet itu sendiri. Umumnya untuk gaji cabut bulu walet berkisar Rp. 1.800.000 unuk perbulannya. 

Daftar gaji-gaji karyawan walet diatas hanya perkiraan saja, dan tidak dapat dijadikan patokan, sebab sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan UMR tiap masing-masing daerahnya.

Langkah-Langkah Melamar Kerja Sebagai Karyawan Walet

Setelah mengetahui besaran gaji seorang karyawan walet, kini saatnya Anda mencari tahu bagaimana cara melamar kerja sebagai karyawan walet dan prosedur apa saja yang harus dipenuhinya. Berikut ini beberapa langkah-langkah melamar kerja sebagai karyawan walet.

  • Persiapkan surat lamaran kerja lengkap beserta data diri dan foto copy KTP, lalu serahkan kepada HRD bagian pabrik walet tersebut
  • Selanjutnya proses seleksi berkas
  • Setelah proses seleksi selesai maka Anda akan melakukan proses wawancara dengan mandor disana.
  • Kemudian, jelaskan maksud dan tujuan Anda ingin bekerja diperusahaan sarang burung walet.
  • Jika Anda memenuhi kriteria yang telah dibutuhkan, maka Anda akan diberikan training kerja.
  • Terakhir, jika selama training hasil kerja Anda dinilai bagus, maka pihak perusahaan tersebut akan membuatkan kontrak kerja kepada Anda. 

Sistem Kerja Karyawan Walet

Dalam sistem kerjanya karyawan walet diwajibkan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Dalam arti untuk posisi pemanen dan pencabut sarang walet diberikan tugas untuk dapat memanen 20-25 sarang dalam satu hari kerjanya. Selain itu, dalam sistem kerja walet ini karyawan tidak diberikan shift dalam bekerja. 

Jadi karyawan akan bekerja kurang lebih 8-9 jam untuk perharinya. Yang dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore. Dan untuk jadwal kerjanya dimulai dari hari senin hingga hari sabtu, sedangkan untuk hari minggu libur. Akan tetapi jika hari minggu tetap masuk kerja, maka hitungannya adalah lembur dan digaji sesuai jam kerja. 

Sementara itu, jika dalam satu hari, ada karyawan yang tidak masuk kerja dengan alasan apapun maka tepat pada hari itu juga karyawan tersebut tidak akan mendapatkan gaji atau gaji bulanannya akan dipotong untuk satu hari atas ketidak hadirannya tersebut. 

Keuntungan Bekerja di Walet

Berikut ini beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui, jika Anda menjadi karyawan di walet.

  • Gaji yang kompetitif.

Mengingat perusahaan walet adalah perusahan yang tergolong sebagai perusahaan besar, maka untuk jenis gaji yang telah diberikan yaitu gaji kompetitif atau sesuai. Yang dimaksud gaji kompetitif adalah gaji yang menyesuaikan dengan jabatan yang telah dijalani karyawan tersebut.

  • Mendapatkan tunjangan

Selain memperoleh gaji pokok, karyawan di walet juga memperoleh beberapa tunjangan, diantaranya adalah tunjangan hari raya, dan tunjangan BPJS.

Demikianlah ulasan mengenai gaji cabut bulu walet yang perlu Anda ketahui jika Anda berminat menjadi bagian dari perusahaan sarang burung walet.

Comments are closed.