Gaji UMR dan UMK Kerinci Tahun 2023

Update Harga Google Cloud Platform 2024

Tiap-Tiap orang pastilah ingin bekerja dan mendapatkan upah yang layak. Di Indonesia sendiri, pemerintah menggunakan sistem UMR atau Upah Minimum Regional. Di mana setiap daerah serta tempat punya penghasilan minimal yang berbeda-beda. Dalam postingan ini kami ingin memberikan info tentang UMR Kerinci atau UMK Kerinci.

Penting dipahami bila upah minimum setiap daerah selalu berubah-ubah tahunnya. Maka untuk Anda yang mempunyai rencana buat melamar kerja pada suatu perusahaan, lebih baik untuk memeriksa berapa gaji UMR Kerinci dan UMK Kerinci tahun ini. Agar ketika diterima bekerja Anda tidak terkejut dengan upah minimum yang diberi oleh perusahaan.

Daftar Isi

Update Harga Google Cloud Platform 2024

Gaji UMR Kerinci dan UMK Kerinci 2023

Berikut ini kami telah membuat daftar tabel gaji minimal untuk lokasi Kabupaten Kerinci, dimulai dari tahun ini serta beberapa tahun kebelakang sebagai perbandingan.

Tahun Gaji
2023 Rp 2.943.033
2022 Rp. 2.511.514
2021 Rp. 2.447.821
2020 Rp. 2.395.061
2019 Rp. 2.261.632
2018 Rp. 2.128.500

Update Harga Google Cloud Platform 2024

UMR sendiri merupakan gaji minimum yang perlu dibayar oleh perusahaan baik itu swasta maupun milik negara. Tiap-tiap wilayah di Indonesia mulai dari tingkat Provinsi, kota hingga kabupaten mempunyai standar upah minimum yang berbeda-beda. Sementara itu UMR Kerinci tahun 2023 adalah Rp 2.943.033.

Upah Minimum Regional atau UMR sendiri diberikan sebagai bentuk apresiasi ke para buruh yang telah bekerja dengan sangat baik, Selain itu gaji minima dapat juga menjadi tolok ukur buat para pekerja supaya dapat mendapat gaji yang layak sesuai dengan kelas dan keahlian yang mereka miliki.

Adapun upah minimal yang dibayarkan akan disesuaikan dengan spesifikasi. Contohnya saja dilihat dari jenjang pendidikanan, usia, pengalaman kerja dalam maupun luar perusahaan, serta kemampuan yang dimiliki. Jadi terdapat banyak hal yang mempengaruhi seorang buruh buat memperoleh gaji UMR atau UMK.

Perbedaan Antara Gaji UMR dan UMK

Setelah Anda mengetahui informasi terkait gaji UMR Kerinci atau UMK Kerinci, tak ada salahnya juga buat mengetahui perbedaan dari keduanya. Pasalnya kedua makna tersebut memiliki banyak perbedaan yang masih belum banyak orang tau. Maka dari itulah di bawah ini kami merangkum perbedaan antara UMR serta UMK di Indonesia.

1. Berdasarkan Pada Peraturan Menteri Tenaga Kerja

Berdasar pada peraturan dari Permenaker RI tahun 1999 menyebutkan bahwa Upah Minimum Regional dibagi menjadi 2 tingkat. Untuk tingkat pertama mencangkup daerah provinsi serta tingkat kedua meliputi daerah kabupaten dan kota.

Tetapi pada perkembangannya, ketentuan itu direformasi kembali oleh Permenaker tenaga kerja no 226 di tahun 2000. Adapun isinya menerangkan mengenai UMR tingkat 1 mengalami perombakan menjadi UMP (Upah Minimum Provinsi). Sedangngkan untuk tingkat 2 diganti jadi UMK atau Upah Minimum Kota/Kabupaten.

2. Berdasarkan Penetapan Gaji UMR dan UMK

Sementara itu dalam prosesnya, orang yang memiliki hak untuk menentukan Upah Minimum Provinsi atau UMP ialah Gubernur. Dan untuk UMK sendiri sebenarnya sama saja. Tetapi Gubernur akan mendapatkan usulan dari anggota DPD tingkat provinsi, kota dan kabupaten.

Misalnya untuk penentuan UMR provinsi Jawa Barat ditentukan oleh Gubernur. Dan untuk daerah kota dan kabupaten melalui Bupati atau Walikota tetapi masih dengan izin dari Gubernur. Sementara itu untuk perangkat DPD akan bertugas untuk mengontrol langsung ke lapangan untuk mendapatkan info yang dibutuhkan untuk menetapkan upah minimal yang sesuai untuk wilayah mereka.

3. Kriteria Pekerjaan yang Menerima Gaji UMR

Perbedaan berikutnya terletak pada level karyawannya. Bilamana pekerja tersebut masih berstarus lajang atau belum menikah pastinya keperluan dan tanggung jawabnya tidak sebanyak pegawai yang sudah menikah atau bahkan telah memiliki anak. Sehingga upah minimum yang akan didapatkan akan berbeda pula.

Sementara itu untuk para karyawan yang mendapatkan mekanisme kontrak borongan atau harian, upahnya akan diterima berdasarkan akumulasi absense ketika dia masuk harian dalam satu bulan. Bilamana saat bekerja di hari minggu, maka gajinya akan dibagi jadi 25 hari kerja, dihitung sejak hari pertama dia masuk kerja.

4. UMR tidak Termasuk Gaji Pokok

Banyak orang yang masih salah paham serta beranggapan jika gaji minimum ini sama dengan jumlah keseluruhan atau upah bersih yang akan didapatkan ketika Anda terima gaji dari perusahaan di tiap bulannya. Namun kenyataannya seseorang masih mendapatkan keuntungan lain yang biasanya berupa tunjangan ataupun bonus sebab bekerja dengan sangat baik.

Misalkan saja ketika ada seorang pekerja yang mendapatkan tunjangan hari raya saat bulan Ramadhan datang. Ada pula tunjangan yang berupa asuransi kesehatan seperti BPJS. Selain itu karyawan bisa pula mendapatkan bonus sebab bekerja lembur atau sanggup menyelesaikan suatu tugas dengan baik pada waktu yang singkat.

5. Ketentuan Gaji UMR dan UMK pada Tiap Daerah

Sistem pengupahan pekerja sudah ditentukan dalam peraturan Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 th. 2013. Selain itu diatur pula dalam ketentuan paling barur oleh pemerintah di tahun 2015. Yaitu terkait dengan bantuan gaji, apakah telah sesuai dari perusahaan ataupun berdasarkan acuan UMR atau UMK dari suatu wilayah.

Peraturan dalam perundangan-undangan berikutnyanya untuk setiap jenis badan usaha atau perusahaan seperti PT atau CV bersama jumlah pekerja paling sedikit 10 orang, supaya para karyawan mampu untuk menerima gaji sesiao upah minimum yang sudah ditentukan di masing-masing |lokasi|tempat|wilayah|daerah}.

6. Sistem Pembayaran Gaji UMR dan UMK

Apabila seorang pegawai telah mendapatkan kontrak kerja dari perusahaan maka dipastikan akan memperoleh upah minimum regional setiap bulannya. Sebab umumnya saat suatu perusahaan membuka lowongan kerja, maka umumnya langsung akan mengontraknya selama 1 sampai 5 tahun. Sementara itu untuk sistem kerjanya biasanya adalah 5 hari kerja dalam sepekan dan akan menerima upah pada tanggal 21 atau 1 tiap bulannya.

Sementara itu jika seorang pekerja menyepakati bekerja dengan sistem borongan atau harian, biasanya gaji akan diterima pekerja pada tanggal 25 setiap bulannya. Dikarenakan waktu libur hanya satu hari dalam sepekan. Akan tetapi para pekerja jenis ini tidak meterima keuntungan layaknya para karyawan yang sudah dikontrak serta sudah menjadi pekerja tetap.

Dasar Penetapan Gaji UMR dan UMK Bagi Karyawan

Untuk menentukan gaji pekerja diperlukan suatu analisa yang mendalam supaya nantinya tidak ada yang dirugikan dari kedua belah pihak baik itu pegawai maupun perusahaan itu sendiri. Acuannya sendiri datang dari Dewan Perwakilan Daerah atau DPD yang telah melakukan survei ke lapangan yang berkaitan dengan KHL atau Kebutuhan Hidup Layak.

KHL juga menjadi faktor penting dalam menentukan kelayakan gaji yang harus diberikan ke karyawan dan menjadi acuan untuk perusahaan dalam memutuskan gaji minimum untuk para pegawainya. Adapun KHL tersebut mencakup beberapa hal seperti sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan dan hal lainnya yang membutuhkan pengeluaran.

Disamping itu ada pula faktor lain yang meliputi kebutuhan fisik dan hidup minimum, seorang karyawan bekerja di level rendah tentu saja kebutuhan serta kesejahteraannya akan rendah juga. Hal lainnya adalah kemampuan atau daya beli dari pegawainya. Maka dari itu penetapan upah minimum harus di diskusikan serta harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Spesifikasi Gaji UMR

Berdasarkan aturan pemerintah nomor 07 tahun 1990 menyebutkan bahwa gaji UMR terbagi ke dalam tiga bagian. Pertama adalah memuat gaji utama atau pokok. Yakni ketentuannya diambil dengan melihat posisi atau jabatan serta jenis pekerjaan yang sudah disepakati antara pegawai dan perusahaan.

Bagian kedua berkenaan dengan bonus awal yang akan diberikan oleh perusahaan. Pada umumnya diperuntukan untuk pekerja yang telah mempunyai keluarga. Adapun bonus tersebut umumnya berupa uang untuk anak istri, ongkos kendaraan ataupun biaya saat rapat di luar perusahaan. Bonus tersebut akan dibayarkan setiap tanggal gajian.

Lalu untuk bagian ketiga berupa subsidi di luar gaji utama yang diberikan oleh perusahaan. Uang subsidi ini bisa diberikan setiap saat, contohnya di saat pekerja diharuskan untuk lembur maka pihak perusahaan akan memberikan uang makan malam atau ketika rapat diluar kantor akan ada uang makan siang.

Sekian pembahasan lengkap kami tentang gaji UMR Kerinci atau UMK Kerinci untuk tahun ini. Berdasarkan UMR yang telah ditetapkan di setiap wilayah di Indonesia, dapat jadi acuan Anda ketika ingin melamar kerja pada sebuah perusahaan.

Comments are closed.