Ultimate magazine theme for WordPress.

Mengenal Teknologi Wi-Fi Terbaru / Wi-Fi 6

0

Mengenal Teknologi Wi-Fi Terbaru – Perkembangan kualitas jaringan Internet semakin bagus saja setiap tahunnya. Setelah dahulu kita mengenal jaringan Wi-Fi 5, kini kita sudah kedatangan dengan versi yang lebih cepat lagi yakni Wi-Fi 6. Bayangkan saja, Wi-Fi generasi sebelumnya sudah sangat cepat apalagi Wi-Fi generasi terbaru ini pasti memiliki jaringan yang lebih baik lagi.

Apalagi di zaman serba teknologi saat ini hampir semua gadget pasti mengharuskan kita untuk terhubung ke internet. Selain itu, kini juga mulai marak dengan yang namanya smart home yang tentu saja harus membutuhkan koneksi Intrnet. Maka dari itu di artikel kali ini kita akan mengenal teknologi Wi-Fi terbaru / Wi-Fi 6.

Mengenal Teknologi Wi-Fi 6

Tentu saja Wi-Fi 6 ini membawa berbagai keunggulan yang tidak di miliki oleh generasi sebelumnya. Wi-Fi 6 hadir dengan menawarkan kecepatan jaringan, internet yang stabil dan juga aman tentunya. Nah, kali ini kita akan mengenal teknologi WiFi terbaru /Wi-Fi 6.

Lebih Cepat dari Gigabit

Pada dasarnya Wi-Fi 6 memungkinkan untuk transfer data lebih cepat daripada gigabit melalui nirkabel. Di dalam pengujian di kehidupan nyata kecepatan WiFi 6 telah di tingkatkan hingga mencapai 1,2 Gbps (Lebih cepat 20%) di bandingkan menghubungkan melalui gigabit Eterhnet.

Jika kamu melihat kecepatan WiFi 6 secara teoretis bisa mencapai 9,6 Gbps sedangkan WiFi generasi ke 5 hanya berjalan pada kecepatan 6,9 Gbps saja. Hanya saja kebanyakan router nirkabel saat ini masih belum mendukung kecepatan seperti ini. Di butuhkan 8 buah antena dan sebagian besar daya. Namun dengan kecepatan di atas 1 Gbps ini tentu sudah sangat cepat sekali.

Lebih Banyak Perangkat dan Koneksi yang Stabil

Di perkirakan pada tahun 2030 nanti hampir setiap orang memiliki setidaknya 15 perangkat yang dapat terhubung ke internet. Tentu saja jaringan sudah harus siap dan memberikan yang terbaik ketika semua orang memperluas semua perangkat mereka serta menggunakan router WiFi untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya.

WiFi 6 hadir dengan memperkenalkan teknologi inti yang dapat meningkatkan konektivitas dengan cara menghitung setiap kebutuhan bandwith dari setiap klien. Hal ini memungkinkan pengiriman atau penerimaan data ke banyak klient dalam satu jaringan secara serentak. Dengan begitu kinerja dari WiFi akan jauh lebih cepat dan lancar.

Jaringan Lebih Aman

WiFi telah memiliki WPA2 sebagai protokol keamanan yang telah di rekomendasikan sejak tahun 2004. Namun protokol keamanan yang satu ini berhasil di bobol oleh para hacker dengan cara mengambil data dari aliran WiFi dan mencoba jutaan kombinasi untuk mendapatkan kata sandi. Dengan cara ini para peretan dapat terhubung ke jaringan WiFi kita.

Dalam hal ini WiFi 6 menghadirkan WPA3 untuk mengatasi masalah seperti ini. Dengan menghasilkan kata sandi langsung pada setiap tranmisi data. Kata sandi yang telah cocok dengan data tertentu tidak akan lagi valid oleh tranmisi selanjutnya. Hal ini tentu saja akan memaksa para peretas untuk menebak kata sandi dengan cara harus langsung berinteraksi dengan perangkat WiFi.

Di atas adalah beberapa kelebihan yang nantinya akan di tawarkan oleh para pengguna WiFi 6. Tentu saja masih ada banyak lagi kelebihan lainnya yang akan sangat menguntungkan para penggunanya. Setelah kamu mengenal teknologi Wi-Fi terbaru / Wi-Fi 6, apakah kamu berniat untuk memasangnya di rumah kamu untuk memenuhi kebutuhan internetmu?.

Leave A Reply

Your email address will not be published.