3 Sumber Energi Alternatif yang Wajib Kamu Tahu

Sumber Energi Alternatif – Tahukah kamu kalau semua energi yag kita pakai setiap hari baik itu listrik, bensin dan juga gas untuk memasak adalah sumber daya alami yang tidak dapat di perbaharui. Artinya sumber daya tersebut akan bisa habis kapa saja seiring dengan penggunaa energi setiap hariya.

Jika sumber daya alami tersebut habis maka kita tidak aka memiliki cukup energi dan pada akhirya kita bisa megalami krisis eergi. Agar hal itu tidak cepat terjadi maka ada baiknya mulai saat ini kita mencari sumber energi lainnya. Nah, pada artikel kali ii kita akan membahas beberapa sumber energi alternatif yang perlu kamu ketahui.

Sumber Eergi Alternatif

Hampir di setiap kegiatan kita pasti membutuhkan energi untuk menjalankan barang elektronik ataupun alat transportasi. Bukan tidak mungkin sumber daya alam yang kita gunakan saat ini bisa hilang kapan saja. Nah, untuk mencegah hal itu terjadi kamu bisa coba menggunakan beberapa sumber daya alam alternatif berikut ini.

1.Matahari

Matahari adalah sumber energi yang paling utama yang di butuhkan manusia. Matahari menghhasilkan sebuah energi dalam bentuk pancaran sinar dan juga panas yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu manfaat yang bisa di manfaatkan dari energi panas matahari adalah bisa di ubah menjadi energi listrik.

Adapun energi listrik yang di hasilkan dari panas matahari bisa di hasilkan dengan bantuan sel surya yang di mana ada beberapa rangkaian panel unsur semikonduktor atau yang kita sebut dengan panel surya. Sudah banyak negara yang memanfaatkan panas matahari untuk di jadikan sebagai energi listrik.

2.Panas Bumi

Selain matahari masih ada sumber energi lainnya yang juga bisa di manfaatkan oleh manusia yaitu panas bumi. Energi ini sendiri berasal dari dalam bumi dan biasanya muncul akibat aktivitas vulkanik dari gunung berapi. Energi ini sendiri memiliki tiga sumber yang bisa di manfaatkan.

Mulai dari panas uap alam, air panas dan juga bebatuan kering dan juga panas. Dalam pemanfaatannya sendiri air panas dapat di manfaatkan menjadi berbagai macam. Namun sampai saat ini pembangkit listrik tenaga air panas masih belum di temukan. Sedangkan untuk energi panas bumi lain masih belum tau di manfaatkan untuk apa saat ini.

3.Angin

Tahukan kamu kalau angin juga jadi salah satu sumber energi yang paling baik. Sumber energi ini berasal dari hembusan angin yang di olah menjadi berbagai jenis energi lain. Di beberapa negara angin sudah di manfaatkan menjadi sumber energi. Misalnya saja di Belanda angin ini di buat menjadi kincir angin raksasa yang nantinya di gunakan untuk memompa air irigasi ke pertanian.

Hal ini jugalah yang membuat kincir bergerak lambat, namun di balik itu ternyata kincir angin raksasa ini menghasilkan energi yang sangat besar. Energi ini juga nantinya bisa di ubah menjadi energi listrik. Caranya adalah dengan menyambungkannya ke alat generator.

Nah, itu tadi adalah beberapa sumber energi allternatif yang harus kamu ketahui. Tidak di sangka bahwa ada banyak sekali sumber energi yang bisa kita manfaatkan. Mungkin di kemudian hari kita bisa menemukan sumber energi lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.