4 Cara Mengatasi Anak Rewel dan Terus Menangis

Cara Mengatasi Anak Rewel – Salah satu kendala yang paling sering di alami oleh para orang tua adalah menghadapi anak yang rewel dan terus menerus menangis. Apalagi jika ini menjadi pengalaman menghadapi anak yang rewel tentu akan sangat panik dan bingung harus melakukan apa. Alhasil bukannya anak tenang justru malah semakin rewel dan tangisannya semakin kencang.

Pada dasarnya anak kecil memang sering menangis dan itu adalah hal yang sangat normal. Dalam sehari anak kecil bisa menangis selama 1-4 jam. Selain itu di usia balita anak juga akan mengalami fase yang membuatnya menjadi sering menangis dan rewel setiap saat. Nah untuk itulah setiap orang tua perlu mengetahui bagaimana caranya mengatasi anak rewel dan terus menangis.

Cara Mengatasi Anak Rewel dan Terus Menangis

Mengatasi anak yang terus menangis memang bukanlah perkara yang mudah untuk di hadapi. Sehingga tak jarang sebagian orang tua ada yang stres dan malah membentak si anak. Nah, agar hal tersebut ntidak terjadi maka orang tua wajib mengetahui bagaimana cara mengatasi anak rewel dengan baik dan benar.

Cari Tahu Penyebab Anak Menangis

Hal pertama yang dapat di lakuka orang tua dalam menghadapi anak yang rewel adalah dengan mencari tahu mengapa ia menangis atau rewel. Anak dengan usia baru beberapa bulan pastilah hanya bisa menangis saja. Sehingga untuk berkomunikasi dengan orang tuanya maka bayi akan menangis.

Namun orang tua perlu tahu jika tangisan bayi memiliki arti yang berbeda-beda. Mulai dari tangisan yang memiliki arti jika ia sedang lapar, haus, sakit, takut atau hanya ingin di perhatikan oleh orang tuanya. Namun jika anak sudah bisa berbicara maka orang tua bisa langsung menanyakan penyebab mengapa ia bisa menangis.

Berikan Pelukan Kepada Anak

Di kutip dari situs sanghamba.com, pelukan hangat dari orang tua ternyata enjadi senjata ampuh untuk menenangkan anak yang sedang rewel. Apalagi jika anak menangis karena takut atau sakit, biasanya dengan memberikannya pelukan serta usapan di bagian wajahnya akan membuat anak menjadi sedikit lebih tenang.

Mengalihkan Perhatian Anak

Cara mengatasi anak rewel berikutnya adalah dengan mengalihkan perhatiannya. Cara ini sangat ampuh jika anak menangis karena meminta sesuatu namun ia tidak bisa mendapatkannya, alhasil ia akan menangis dengan kencang dan akan terus rewel sampai keinginannya itu bisa ia dapatkan.

Dengan mengalihkan perhatian anak ke hal lain, maka di harapkan anak tidak akan mengingat hal yang membuatnya menangis tadi. Namun di sini kamu jangan langsung mengalihkan perhatiannya. Biarkan saja anak menangis terlebih dahulu. Setelah anak sedikit tenang barulah kamu mencoba mengalihkan perhatiannya ke hal lain yang tidak kalah menariknya.

Berikan Doa Kepada Anak

Cara lain yang juga bisa orang tua coba jika menghadapi anak yang rewel dan tidak kunjung berhenti menangis. Doa yang baik dari orang tua untuk anaknya adalah cara jitu untuk menenangkan anak. Ada banyak sekali doa agar anak tidak rewel dan berhenti menangis. Misalnya saya surah At-Takwir ayat 20, sirah Fussilat ayat 31 dan ayat kursi.

Selain itu, pegaplikasiannya juga bisa dengan berbagai cara. Misalnya saja dengan membacakan langsung di depan anak, meniupkan bacaan doa tersebut ke telapak tangan lalu mengsapkan ke wajahnya atau memberikan air doa. Lakukanlah dengan niat yang kuat agar anak bisa berhenti menangis dan kembali tenang.

Demikianlah pembahasan kami tentang cara mengatasi anak rewel dan terus menangis. Mengatasi anak yang terus menangis dan rewel bukanlah dengan cara memarahinya namun dengan cara memberikan kasihsayang dan perhatian serta pengertian agar ia bisa tenang.

Tinggalkan komentar