2 Cara Membuat Tabel di Office Word Dengan Mudah

Cara Membuat Tabel di Office Word – Microsoft Office adalah sebuah software yang bisa di gunakan untuk membuat dan mengedit sebuah dokumen. Microsoft Office terdiri dari tiga jenis yaitu, Office Word, Office Excell dan Office Power Point. Tentu saja ketiganya memilii fungsi yang berbeda-beda.

Jika ingin membuat presentasi kamu bisa menggunakan Office Power Point dan jika ingin menghitung atau membuat tabel kamu bisa menggunakan Office Excell. Namun, masalahnya apaah bisa membuat tabel pada Office Word? Tentu saja bisa.Nah, pada artikel kali ini BlitarKota akan memberikan amu tips bagaimana cara membuat tabel di Office Word dengan mudah.

Cara Membuat Tabel di Office Word

Memang Office Word lebih di fungsikan untuk membuat dokumen atau berkas berupa tulisan saja dan kurang cocok untuk membuat sebuah tabel. Namun bukan berarti di Office Word kita tidak bisa membuat tabel layaknya di Office Excell. Di bawah ini sudah ada beberapa cara membuat tabel di Office Word tanpa ribet.

Untuk mempraktekan cara di bawah ini kamu bisa menggunakan versi Microsoft Office apapun. Karena memang semua menu dan tata letak di semua Microsoft Office hampir sama dan mudah untuk di pahami. Nah, daripada penasaaran langsung saja simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1.Membuat Tabel Kosong

Cara Membuat Tabel di Office Word

Untuk cara pertama ini kamu bisa membuat tabel kosong yang nantinya bisa kamu isi dengan teks yang kamu inginkan. Nah, berikut ini langkah-langkah mudah untuk membuat tabel kosong di lembar kerja Office Word.

  1. Tentu saja langkah pertama kamu harus membuat lembar kerja baru di Office Word.
  2. Berikutnya kamu bisa pilih tab Insert dan pilih menu Tabel.
  3. Setelah itu akan muncul Drop Dwon yang berisikan kotak-kotak.
  4. Untuk membuat tabel, kamu tinggal seret kursor mouse dari kotak kiri atas ke kotak kanan untuk mengatur jumlah kolom dan baris yang kamu inginkan.
  5. Nah, untuk menampilkan tabel pada lembar kerja kamu tinggal melepaskan jari dari kursor dan secara otomatis tabel yang sudah kamu atur sebelumnya akan tampil pada lembar kerja
  6. Selesai, kamu tinggal menuliskan teks yang di butuhkan di dalam tabel tersebut.

2.Menjadikan Tulisan Sebagai Tabel

Cara Membuat Tabel di Office Word

Nah, berbeda dengan cara sebelumnya di mana kamu hanya membuat tabel kosong. Pada cara kedua ini kamu bisa membuat sebuah tabel dari teks yang sudah ada di lembar kerja.

Mungkin saja suatu saat kamu menemukan sebuat teks seperti pada gambar di mana baris dari teks berisi bagian dari checklist, tugas-tugas dan hari-hari dalam seminggu. Kamu bisa memisahkan tiap-tia bagian dengan tabel sehingga tampilannya akan jadi lebih rapih. Berikut ini cara menjadikan sebuat tes menjadi tabel dalam Office Word.

  1. Pertama silahkan pilih atau blok teks yang ingin di jadikan sebagai tabel.
  2. Berikutnya buka tab Insert dan pilih menu Table.
  3. Selanjutnya pilih opsi Convert Text To Table’ pada menu drop down.
  4. Maka akan muncul sebuah kotak dialog. Pilih salah salah satu opsi pada ‘Separate Text at’ Jika kamu sudah memilih opsi yang di inginkan, langah terakhir untuk memunculkan tabel pada lembar kerja adalah dengan klik tombol OK.
Cara Membuat Tabel di Office Word

Nah, itu tadi adalah beberapa cara membuat tabel di Office Word dengan mudah dan tanpa ribet. Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi untuk menambahkan tabel pada lembar kerja di Microsoft Office Word.

Tinggalkan komentar