8 Alasan Mengapa Harus Memilih Belajar Arduino

Ada banyak sekali platform microcontroller di luar sana yang bisa kamu pelajari, namun di artikel ini kami akan mencoba meyakinkan kamu untuk memilih belajar arduino. Selain memiliki kelebihan, Arduino juga memiliki banyak hal yang bisa di pelajari sehingga kamu bisa lebih bersemangan dan menambah pengetahuan kamu seputar Arduino.

Di Indonesia sendiri cukup banyak komunitas Arduino yang ada di berbagai daerah. Banyak alasan yang membuat Arduino lebih disukai orang. Jika kamu masih ragu apakah ingin belajar Arduino atau platform microcontroller lain. Maka di artikel ini kamu akan coba memberikan beberapa alasan mengapa harus memilih belajar Arduino.

1.Arduino Memiliki Bootloader

Bootloader merupakan sebuah sistem tersendiri dari Arduino, hal itu membuat Arduino tidak lagi membutuhkan sebuah tambahan chip programmer. Bootloader ini berguna untuk menangani proses pemasukan program dari komputer ke dalam Arduino. Sehingga ini akan memudahkan kamu yang baru belajar Arduino.

2.Arduino Lebih Terjangkau

Alasan kenapa banyak orang lebih memilih untuk kursus Arduino ketimbang platform microcontroller yang lain adalah karena jauh lebih murah. Dengan harga yang lebih terjangkau kamu bisa mendapatkan pengetahuan yang tak kalah banyak ketika belajar platform sejenis. Apalagi banyak juga layanan kursus Arduino yang memberikan harga terjangkau.

3.Arduino Lebih Mudah untuk Dipelajari

Arduino menggunakan bahasa pemograman C yang tentunya jauh lebih mudah untuk di pahami karena lebih sederhana ketimbang bahasa pemograman lain. Sehingga ini akan memudahkan pemula yang ingin belajar. Meskipun kamu bukan orang teknik koputer dan awam dengan pemograman, di jamin kamu bisa memahami Arduino dengan mudah.

4.Arduino Menggunakan USB

Untuk pemograman Arduino sudah tidak lagi membutuhkan paralel port atau sejenisnya. Skan tetapi Arduino sudah menggunakan USB yang jauh lebih mudah kamu gunakan untuk proses pemograman. Karena USB tersedia di semua perangkat komputer.

5.Arduino Memiliki Banyak Library Gratis

Berbeda dengan yang lain, Arduino memiliki lebih banyak library yang berguna untuk menyingkat pemograman sehingga kamu tak perlu pusing lagi. Selain itu library pada Arduino juga tersedia dalam berbagai macam ada yang untuk sensor, LCD, Servo dan lain sebagainya. Library pada Arduino juga bisa kamu gunakan secara gratis.

6.Arduino Memiliki Fasilitas yang Lengkap

Alasan lain kenapa kamu harus memilih untuk belajar Arduino adalah karena fasilitasnya yang lebih lengkap mulai dari Pin Input dan Output yang lengkap serta memori. Tak hanya itu saja, tersedia juga PWM, ADC, Timer dan lain sebagainya.

7.Karena Arduino Open Source

Arduino merupakan perangkat open source, sehingga tak hanya software saja yang bisa kamu utak-atik melainkan hardwarenya juga. Kamu bahkan bisa membuat Arduino versi kamu sendiri, bahkan pihak pengembang Arduino juga memberikan skemanya. Karena bersifat open source, membuat Arduino berkembang dengan sangat pesat.

8.Arduino Punya Komunitas yang Besar

Kamu bisa bergabung dengan komunitas Arduino yang ada di seluruh dunia lewat grup atau forum di media sosial. Dengan adanya komunitas seperti ini membuat kamu jadi lebih mudah ketika ingin bertanya atau mencari referensi seputar Arduino. Bahkan kamu bisa dengan menemukan contoh projek Arduino yang sudah di buat melalui Google atau YouTube.

Nah, itulah tadi alasan mengapa kamu harus memilih Arduino ketimbang platform microcontroller lain. Bagi seorang pemula sekalipun, Arduino bisa menjadi perangkat yang di pelajari dengan mudah dan cepat

Tinggalkan komentar